Menengok Sekolah Kejuruan di Amerika Serikat

oleh: Ir. Puji Winarni, M.A.
Kepala Pusat Penelitian Sistem Mutu & Teknologi Pengujian LIPI

Sekolah kejuruan (vokasi), secara tradisi dikenal juga sebagai sekolah teknik yang menawarkan pelatihan di dalam karirnya yang memerlukan keahlian praktis. Yang termasuk di dalam keahlian ini di antaranya: pengelasan, tukang batu, mekanik atau sekolah umum yang lebih diarahkan kepada industri ritel atau industri kecantikan. Meskipun demikian, saat ini lebih banyak lagi sekolah vokasi yang menawarkan berbagai kursus yang mengkhususkan di bidang teknologi informasi dan industri pariwisata.

Karir lain yang juga tipikal dapat dibangun melalui sekolah kejuruan adalah pertukangan (air, listrik, kayu, kunci professional, designer bunga/florist, serta teknisi reparasi sepeda motor. Karir lain yang tidak begitu terlihat nyata adalah penterjemah kesehatan (medical transcription) serta tenaga administrasi di asuransi kesehatan, konsultan perkawinan, asisten dokter hewan serta pengelolaan hotel/restoran.

Di Amerika Serikat (AS), sekolah vokasi/kejuruan biasanya dimulai setelah tingkat sekolah menengah atas (post secondary) di mana kelas-kelas ditawarkan melalui community college atau institut teknologi. Baru-baru ini menjadi standar bagi sebuah sekolah kejuruan untuk memberikan sertifikasi secara online, khususnya di berbagai area yang tidak begitu memerlukan pengalaman praktek.

Kebanyakan sekolah kejuruan adalah swasta, meskipun tidak seluruhnya demikian, sekolah kejuruan kadangkala mengambil alih peran pendidikan sekolah menengah atas. Pelajaran seperti perkayuan, tukang besi dan bahkan ekonomi keluarga (home economics) menjadi contoh-contoh yang bagus yang kadangkala diajarkan pula di sekolah menengah atas pada umumnya. Di beberapa sekolah, mereka malah mengkhususkan diri pada model ini daripada pada model yang biasa dilakukan.

Sekolah kejuruan kadang menjadi cara terbaik bagi orang dewasa untuk memasuki dunia kerja. Program-program pendidikan orang dewasa, seperti program Insentif Kerja (Work Incentive Program/WIN) serta Job Corps, di AS dibikin untuk menampung mereka yang sedang menganggur dan mencari pekerjaan yang layak dengan mempersiapkan pendidikan yang sesuai sebelum mencari kerja yang pas. Bahkan departemen pendidikan AS memberikan bantuan keuangan bagi orang dewasa yang berkeinginan untuk sekolah di sekolah kejuruan.

Dengan adanya dua lembaga: community college, dengan jumlah murid yang besar dan sekolah swasta, dengan kelas yang relatif lebih kecil, masyarakat dapat menentukan pilihan yang cocok baginya dengan lebih baik.

Perbedaan Sekolah Kejuruan dan Sekolah Umum

Sekolah kejuruan, baik pemerintah ataupun swasta memang berbeda dengan sekolah menengah atas pada umumnya dalam beberapa hal. Di sekolah kejuruan, para murid biasanya mendapatkan jauh lebih banyak pengalaman praktek dibandingkan mereka yang berada di SMA pada umumnya. Secara individu, mereka dipacu untuk menggali dan mengidentifikasi karir atau potensi terbaiknya dan sekolah memberikan bantuan sumberdaya yang diperlukannya. Hampir sebagian besar sekolah kejuruan memahami pentingnya pelajaran umum sebagaimana mempersiapkan mereka meniti karir, dan menawarkan diploma penuh.

Tergantung kepada kemampuan dan ketertarikan para muridnya, sekolah kejuruan menawarkan berbagai keuntungan. Di sekolah kejuruan, para murid dapat bertemu langsung dengan guru bimbingan (BP) dan memilih program yang paling sesuai untuknya, baik melanjutkan ke college atau ke sekolah teknik lainnya, atau meniti karir langsung setelah lulus. Penasehat BP di sekolah akan membantu murid mengevaluasi tujuan mereka dan potensi yang dimilikinya, serta menempatkan mereka ke dalam program yang paling sesuai dengan keinginannya.

Belajar vokasi membantu individu belajar peralatan dan teknik yang penting untuk pekerjaan tertentu, mendapatkan pengalaman langsung mengoperasikan berbagai teknologi dan peralatan yang berbeda, serta mengembangkan kemampuan pemecahan masalah yang akan membantu mereka meniti karirnya di masa depan.

Beberapa sekolah vokasi mempersiapkan para muridnya untuk mampu bekerja di bidang kesehatan, komputer, pendidikan, bisnis, dan berbagai jenis perdagangan yang sangat spesifik. Secara individu, mereka memiliki kesempatan untuk mendapatkan pengetahuann dan pengalaman yang penting untuk menjadi profesional dengan memiliki lisensi atau sertifikat yang memungkinkan mereka langsung bekerja setelah lulus.

Meskipun sekolah vokasi menekankan kepada pengembangan karir dengan segera, tetapi mereka juga mempersiapkan para anak muridnya dengan pendidikan yang cukup baik. Sebuah sekolah kejuruan umumnya memisahkan kurikulum antara pelatihan/ketrampilan khusus dengan subyek umum, seperti matematika, sains, bahasa dan budaya, serta pendidikan jasmani. Siswa-siswi sekolah kejuruan biasanya diharuskan untuk memenuhi persyaratan kuliah di kelas serta tugas pekerjaan rumah sebagaimana mereka yang sekolah di SMA biasa.

Keuntungan terbesar dari para lulusan sekolah kejuruan adalah adanya penempatan kerja. Guru bimbingan di SMK biasanya memiliki akses khusus terhadap informasi karir/pekerjaan serta berbagai macam sumber bagi para murid yang ingin segera bekerja atau bekerja sambil tetap belajar setelah lulus SMK. Terlebih lagi, saat ini semakin banyak perusahaan ataupun serikat pekerja yang memiliki hubungan yang cukup erat dengan SMK dan memberikan banyak pilihan kepada para murid yang telah menyelesaikan programnya. Dengan berdasarkan rekomendasi dari BP dan para gurunya, banyak para lulusan SMK dimungkinkan untuk mengikuti kerja magang atau memasuki dunia kerja dengan lebih cepat. (pw, afs)

Tentang andrewiwanto

Saya adalah Orang yang ingin selalu belajardalam setiap hal Karena menurut saya, hal yang terpenting dalam sebuah hal adalah tidak merasa paling bisa atau ahli tetapi harus selalu belajar, karena semua yang kita bisa berkat lingkungan. Karena lingkungan saya dapat : 1.Forum Anggota Muda Persatuan Insinyur Indonesia (FAM-PII) 2.ISO 9001:2000, PPIC, K3, (In-house training, training management, pivate training) 3.Berkarir dalam bidang working massa 4.Futsal Management 5.Fun Race Go Kart Management 6.and many more Relationship adalah hal yang terpenting good luck
Tulisan ini dipublikasikan di Artikel. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s